Martoyo Harjono
Leadership

Golf Leadership: Rahasia Kesuksesan Tiger Woods

Salah satu pemain golf termasyur dan legend adalah Tiger Woods, pemain golf terbaik akhir 90an dan era 20an dengan bayaran tertinggi, sudah menjuarai berbagai pertandingan golf seperti menjuarai 14 PGA Master antara 1997 sampai 2008 dan Masters Tournament 1997, 2001, 2002, 2005, 2008, 2019.

Tentunya kita taunya adalah prestasi Tiger Woods sebagai pemain yang hebat dengan konsistensi permainan yang paten dan akurasi pukulan yang presisi.

Tapi tau ngak Anda, berapa jam Tiger Woods latihan dalam sehari? coba pikirkan sebentar dan tebak dulu ya berapa jam Woods latihan?

Wood sendiri pernah mengatakan filosofi golf dalam sebuah wawancara di stasiun tv.

“Golf is a sport, so you have to train like an athlete”¬†

Saya yakin Anda sudah punya jawaban di atas berapa Wood latihan dalam sehari. mungkin 3,4, 5 atau 6 jam sehari?

Ternyata Wood training marathon 13 jam sehari, mulai dari jam 6 pagi  sampai dengan jam 7 malam. Itu pengakuan Wood dalam sebuah wawancara dengan Gold Channel di tahun 2018, dan pengakuan ini pun dibenarkan oleh mantan pelatihnya, Hank Haney.

GIla juga ya, terus 13 jam itu ngapain aja ya?

Ini jadwal latihan Woods:

Pagi hari melakukan streching dan olahraga pemanasan (work out), melatih swing, bermain golf 18 holes, kadang malah lebih dan melanjutkan dengan workout kedua di sore hari nya.

Jam 6 pagi mulai latihan pemanasan (work out) dan cardio

Fitnes untuk membangun endurance, strength dan agility tubuh.

Latihan swing dan short game dengan pelatih selama 2 jam

Bermain golf 9 sampai dengan waktu lunch

Dilanjutkan bermain golf 9 holes lagi

Kemudian dilanjutkan lagi dengan latihan swing dan short game sampai jam 6 sore

Dilanjutkan work out lagi dan dinner.

Jika diajak temen, kadang-kadang dikombinasi dengan olahraga basket juga.

Emmm…gokil juga ya 13 jam training marathon seperti di atas. Kira2 mau ngak ya kita latihan 13 jam sehari?

——–

Untuk mendapatkan hasil tebaik, Woods sangat persistent dengan upaya dan persiapan yang dilakukan tiap hari dan didampingi pelatih. Kalau dipikir-pikir, latihan 13 jam itu pastinya proses yang membosankan dan sangat melelahkan fisik dan mental. Tapi justru itulah tujuannya, tidak hanya menempa fisik/ otot saja, tapi juga untuk menempa mental sang juara.

Menurut hukum 10,000 jam, seseorang butuh waktu 10.000 jam melakukan hal yang disenangi untuk menjadi seorang master/expert, expert apa saja. Baik di olahraga, seni, science, public speaking dll. Pantas saja Woods menjadi sangat master dan juara dengan pola latihan yang diatas rata-rata pemain golf lainnya.

Untuk menjadi salah satu pemain golf terbesar dan legend seperti saat ini, ternyata usaha Woods betul-betul maksimal dalam latihan 13 jam setiap hari. Lakukan semua latihan itu secara rutin dan konsisten tiap hari. Betul-betul beyond extra miles efforts. Latihan yang sangat berat dan jarang dilakukan oleh pemain golf lainnya. Ajib betul gaes!.

Begitu juga untuk menjadi seorang leader yang sukses dan hebat, Anda pun di tuntut untuk selalu continous learning dan continous improvement. Rela berkorban baik waktu, tenaga dan pikiran, untuk selalu berlatih dan terus belajar. Belajar berbagai ilmu soft skill dan hard skill. Fokus pada persiapan, karena kesuksesan itu bertemunya persiapan dan kesempatan. Jika waktunya tiba, insyallah kita sudah siap dengan knowledge, skill dan attitude yang mumpuni. So, perbanyak saja persiapan mulai sekarang Bro n Sis!.

Sudah siapkah Anda menjadi seorang leader yang hebat?.

 

#GolfLeadership #IFGC #strategy

Salam pembelajar, martoyo

14 Jan21, 10:32pm

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Related posts

How Managing Your Talent

Martoyo Harjono

Managing Expectation

Martoyo Harjono

8 to be GREAT

Martoyo Harjono

Leave a Comment