Martoyo Harjono
Human Resources Leadership Uncategorized

Pesan atau pembawa pesan, manakah yang lebih penting?

Pesan (message) atau Pembawa pesan (the messanger), manakah yang lebih penting?

Kedua elemen dalam komunikasi, yaitu pesan dan pembawa pesan, memiliki peran penting dalam proses komunikasi, dan keduanya sama-sama berharga. Tidak dapat dikatakan bahwa satu lebih penting daripada yang lain, karena keduanya saling melengkapi dalam memastikan komunikasi yang efektif. Berikut beberapa alasan mengapa keduanya sama-sama penting:

  1. Pesan yang berkualitas:
    • Pesan yang baik dan jelas adalah kunci dalam komunikasi yang efektif. Pesan harus mengandung informasi yang akurat, relevan, dan mudah dipahami oleh penerima.
  2. Pembawa pesan yang kredibel:
    • Pembawa pesan yang kredibel dapat memberikan otoritas kepada pesan yang disampaikan. Kepercayaan terhadap pembawa pesan dapat memengaruhi cara penerima menerima pesan tersebut. Jika pembawa pesan dikenal sebagai sumber yang andal, pesan tersebut cenderung lebih diterima.
    • Pesan yang sama, dibawakan oleh orang dengan kredibilitas yang berbeda akan menghasilkan hasil yang berbeda.
  3. Penyampaian yang efektif:
    • Pembawa pesan memiliki peran dalam cara pesan disampaikan. Kemampuan pembawa pesan untuk berkomunikasi dengan baik, mengatur pesan, dan menggunakan saluran komunikasi yang tepat dapat memengaruhi sejauh mana pesan tersebut dipahami dan diterima oleh penerima.
  4. Konteks dan situasi:
    • Konteks dan situasi juga memainkan peran penting dalam komunikasi. Terkadang, pesan yang sama dapat memiliki arti yang berbeda tergantung pada siapa yang mengirimkannya, kepada siapa, dan dalam situasi apa.

Sebagai kesimpulan, pesan dan pembawa pesan sama-sama penting dalam komunikasi yang efektif. Mereka harus saling mendukung dan seimbang agar pesan dapat disampaikan dengan baik dan dipahami oleh penerima. Dalam berbagai situasi, salah satu elemen ini mungkin lebih menonjol daripada yang lain, tetapi keduanya memiliki peran yang sangat penting dalam proses komunikasi.

Related posts

Training Finance for Non Finance Manager

Martoyo Harjono

Training of Behaviour Event Interview (BEI) Technique – Dec 11, 2014

Martoyo Harjono

Beda Politisi vs Negarawan

Martoyo Harjono

Leave a Comment