Martoyo Harjono

Buku “SALES & OPERATION PLANNING”

Martoyo Harjono

Dapatkan buku terbaru saya “SALES & OPERATION PLANNING in STORIES” di seluruh toko GRAMEDIA JABODETABEK.

SINOPSIS SINGKAT Buku S&OP in Stories:

Ketidakefisienan operasional dalam perusahaan sering disebabkan oleh tidak adanya proses perencanaan yang terintegrasi. Sales &Operations Planning (S&OP) merupakan tools untuk membantu proses integrated planning
bisa berjalan dengan baik dan menjadi komitmen bersama dalam pengambilan keputusan. Penerapan S&OP akan meningkatkan efisiensi, operational excellence, dan customer service level, yang akhirnya meningkatkan keuntungan perusahaan.
Buku ini, “membumikan” konsep-konsep penting S&OP dalam lingkup permasalahan manajerial yang dihadapi oleh perusahan. Ditulis dengan pendekatan story telling berdasarkan pengalaman riil penulis, memudahkan pembaca dalam menggambarkan penerapan tools S&OP saat menyelesaikan permasalahan yang muncul di perusahaan. Dalam buku ini penulis memaparkan bagaimana step-by-step implementasi S&OP dari sebuah ide menjadi komitmen bersama top management dalam pengambilan keputusan key business process.
Terdapat pula tambahan insight pengalaman dan pembelajaran dari para “dirigen” yang sangat mumpuni pada Bab Leaders Insight yang akan menambah manfaat praktis dari buku ini. Mereka adalah para praktisi dari perusahaan ternama: Coca-Cola, Danone Sari Husada, BlueScope Indonesia, Wardah Cosmetics, Suntory Garuda, Bukalapak dan Airfast Indonesia.
Buku ini mengingatkan kita bahwa manajemen adalah perpaduan dari dua unsur: ilmu dan seni, konsep dan pengalaman, serta teori dan best practice. Buku ini sangat bermanfaat untuk dijadikan referensi bagi para praktisi, akademisi, pemilik usaha, mahasiswa, serta siapapun yang ingin memperdalam tools S&OP.

Ingin pesan buku, kik form pemesanan DI SINI

Contact via WA silahkan klik DI SINI


Apa kata mereka?? Berikut TESTIMONY Buku S&OP in Stories:

Membangun bisnis yang besar dan sustainable membutuhkan proses dan tim yang kuat dan sinkron di setiap bagiannya. Pengalaman saya selama lebih 25 tahun bekerja dan memimpin perusahaan besar dan multinasional memperkuat keyakinan saya bahwa dibutuhkan leader yang bisa mengelola semua bagian agar sinkron dalam mencapai tujuan bersama. Salah satu bagian yang penting dalam sebuah bisnis adalah proses Supply Chain dan Sales Operations and Planning, di mana bagian ini sangat penting untuk koordinasikan semua proses dari awal bahan baku masuk sampai konsumen bisa mendapatkan produk mereka dengan baik. Untuk mempelajari dan mendapatkan pengalaman ini tidaklah mudah, namun sekarang dengan buku yang ditulis dengan bahasa sederhana, santai, dan mudah dimengerti ini akan banyak membantu para pengusaha atau profesional menerapkan sistem yang diperlukan ini. Saya mengenal Martoyo sebagai profesional yang banyak pengalaman
di bidang keuangan, operations dan juga supply chain yang andal. Pengalaman itulah yang ia tuangkan dalam buku yang sangat bermanfaat ini. Selamat menikmati cerita dalam buku ini dan mendapatkan ilmunya.

Budi Isman
CEO Mikro Investindo & Proindonesia Foundation, Executive Coach, Penulis, dan Ex. CEO Danone Sari Husada


Ini buku terbaik yang harus dibaca oleh para pelaku manajemen di berbagai industri. Pendekatan “best practice” yang dibarengi dengan filosofi dan nilai-nilai para top leader sangat memperkaya nilai buku ini untuk dibaca. Buku ini menggabungkan strategic mindset yang terdiri atas operational excellence, commercial excellence, dan financial excellence, sehingga enak dibaca mulai dari top management sampai dengan frontline. Terimakasih

M. Arif Wibowo
CEO Airfast Indonesia dan Mantan CEO Garuda Indonesia & Citilink


Buku ini berhasil “membumikan” konsep-konsep penting S&OP dalam lingkup permasalahan manajerial yang dihadapi oleh perusahaan. Pendekatan penulisan yang dipilih memudahkan pembaca membayangkan penerapan berbagai tools S&OP dalam menyelesaikan permasalahan yang dihadapi sebuah perusahaan. Meskipun permasalahan yang diangkat didasari oleh pengalaman pribadi subjek utama dari buku ini, namun sangat besar kemungkinan pembaca yang berkecimpung dalam bidang supply chain management juga akan berhadapan dengan permasalahan tersebut. Hal ini dikarenakan permasalahan yang dibahas dalam buku ini cukup komprehensif. Tambahan cerita pengalaman dan pembelajaran dari banyak praktisi yang sangat mumpuni, menambah manfaat praktis dari buku ini. Pada akhirnya buku ini mengingatkan kita kembali bahwa manajemen adalah perpaduan dari dua unsur: ilmu dan seni; konsep dan pengalaman; teori dan best practice.

Dony Abdul Chalid, Ph.D.
Ketua Departemen Manajemen Fakultas Ekonomi & Bisnis, Universitas Indonesia


Masalah operasional yang diulas dalam buku ini, seakan-akan menjadi cerminan banyak organisasi termasuk di organisasi dimana saya berada. Penulis dengan jeli menangkap dan mengelaborasi masalah tersebut dan memberi tawaran solusi praktis, dengan mengacu pada best practices yang sudah diimplementasikan di banyak perusahaan yang berhasil.
Saya mengenal Pak Martoyo secara pribadi sebagai orang yang sangat mencintai ilmu, tidak pernah lelah dalam menuntut ilmu dan membagikannya kepada yang lain. Adanya leader insight dalam buku ini adalah salah satu contoh konkret pengembaraan ilmu yang dilakukan pak Martoyo. Dengan jejak rekam yang sangat baik, setidaknya di keuangan dan sumber daya manusia, sangat melengkapi kapasitas pak Martoyo di supply chain. Dengannya, saya sangat meyakini adanya keterkaitan dan sinergi lintas ilmu dalam hal Pak Martoyo memandang permasalahan dan memberikan tawaran solusinya. Bravo pak Martoyo, teruslah berkarya dan menjadi manusia sebaik-baiknya dengan memberi manfaat kepada banyak orang.

Saekhun Naim
CFO dan Praktisi Keuangan


Selamat dan apresiasi yang tinggi untuk Mas Martoyo yang telah berhasil mewujudkan mimpinya menuangkan pengalaman menerapkan S&OP dalam sebuah buku. Buku ini a akan sangat berguna bagi para praktisi Supply Chain bagaimana berkolaborasi melepas sekat antar bagian di perusahaan, menghilangkan pemborosan waktu & energi untuk fire fighting serta sepakat dengan one single forecast number.

Bambang Setiawan
Mantan Direktur Supply Chain Danone Sari Husada


Sebagai seorang praktisi, Pak Martoyo menyajikan sebuah topik serius seperti Sales & Operation Planning dalam bentuk cerita yang menarik, mudah dimengerti, dan kaya akan perspektif unik yang praktis. Buku ini wajib dibaca oleh siapa pun yang bukan hanya ingin mengetahui secara teori tapi mau menjalankan Sales & Operations Planning dengan baik.

Steven Wijaya
CEO Unifam


Sales & Operations Planning adalah tema yang serius, namun dalam buku ini Martoyo mampu menguraikannya dengan bahasa yang sederhana dan ringan sehingga mudah dipahami oleh banyak kalangan. Banyak insight dan poin-poin penting tentang S&OP yang dirangkum apik dalam sebuah cerita, menjadikan buku ini bisa selesai dibaca dalam 3 kali duduk sambil ngopi santai. Salut dengan dedikasi Martoyo untuk membagikan pengalamannya, dan kerja kerasnya menghadirkan para leaders untuk berbagi pengalaman terkait implementasi integrated planning di buku ini. Sangat menginspirasi bagi siapa saja yang ingin meningkatan kinerja perusahaan atau organisasinya.

Andre Rahadian
Ketua ILUNI UI 2019 – 2022 | Partner Dentons HPRP


Masih sedikit profesional muda yang mau berbagi pengalaman, apalagi dituangkan dalam bentuk buku. Padahal pengalaman para profesional yang telah mengenyam “asam garam” pengalaman itu banyak dibutuhkan orang, terutama para manajer muda dan para pengusaha UMKM. Karena pendekatan praktis para profesional dianggap lebih mudah diserap dan diamalkan dibanding pendekatan para akademisi. Mas Martoyo, adalah salah seorang yang sedikit itu.
Buku “S&OP in Stories” ini, ditulis dari pengalamannya sebagai praktisi, saat ia dipercaya sebagai supply chain head. Kisahnya diwakili oleh sosok imaji bernama Pak Toy yang merupakan tokoh utama dalam cerita.
Di dalam buku dijelaskan bahwa permasalahan dan kendala operasional yang dihadapi Pak Toy tidak membuatnya mundur dan mengeluh, namun sebaliknya, justru menjadi penyemangat untuk mencari akar masalah dan solusinya. Pada mulanya, ide S&OP ini ditolak oleh top management di perusahaan Pak Toy karena dianggap tidak efisien, namun pada akhirnya menjadi solusi atas permasalahan yang ada, sehingga akhirnya diimplementasikan dengan baik.
Buku ini sangat menarik, gaya penulisannya ringan dan sederhana, ditambah lagi disajikan dalam bentuk sebuah narasi cerita, sehingga enak untuk dibaca. Saya ucapkan selamat untuk mas Martoyo atas penulisan buku ini. Semoga semakin banyak manajer muda dan pengusaha UMKM yang dapat mengambil manfaat dari buku ini.

Armala, MPS
Founder & President Human Plus Institute


Great Job Martoyo, sangat sedikit (atau bahkan tidak ada) 17 buku berbahasa Indonesia yang membahas topik khusus seperti S&OP ini. Buku ini membahas salah satu tema yang banyak dijumpai dalam bidang Supply Chain Management (SCM) terutama dalam alignment antara planning dan executing. Dengan metode narasi (cerita) akan mempermudah pembaca dalam memahami apa yang ingin disampaikan oleh penulis. Buku juga ditulis dengan sangat ringan dengan design yang “kekinian”.
Saya jamin pembaca akan merasakan lebih nyaman membaca buku ini. Poin plus lainnya adalah adanya cerita atau pengalaman dari berbagai narasumber mengenai penerapan S&OP di perusahaan masing-masing.

Ramon Arias Pili
Vice President of Supply Chain Management, PT. Elnusa, Tbk


Saya mengucapkan selamat kepada Martoyo yang telah memenuhi janjinya untuk membagikan pengalaman implementasi Sales & Operations Planning (S&OP) dalam bentuk buku yang “istimewa”. Great indeed, Bro! Mengapa buku ini sedemikian istimewa? Jawabannya: karena pengalaman membaca buku ini betul-betul mengasyikkan. Penulis berhasil menyajikannya dengan interaktif. ini terlihat dari caranya menuturkan cerita, serunya pengalaman yang disampaikan, dan ilmu S&OP yang telah dikemas sedemikian rupa memberikan inspirasi yang sangat mendalam.
Di dalam buku ini , S&OP menjadi sedemikian nyata dan telah terbukti menjadi best practice yang bukan sekadar wacana maupun teori saja, melainkan suatu seni yang menghasilkan performa terbaik bagi perusahaan melalui sinergi dan kolaborasi. Buku ini adalah “living proof” dan “legendary legacy” bagi penulis, juga bagi kami dan (mungkin) bagi Anda juga. Buku ini esensinya juga menyentuh aspek manusia (Human Resources).
Martoyo juga mampu menghadirkan resonansi, bahwa selain aspek teknis pengelolaan rantai pasokan (Supply Chain Management ) ternyata getaran pembelajaran buku ini juga relevan untuk aspek kehidupan sehari-hari. Khususnya saat membahas dinamika hubungan antar manusia, gejolak emosi dan pemikiran yang terjadi sepanjang prosesnya serta bagaimana hal-hal yang mendasar (prinsip) menjadi pembeda antara keberhasilan maupun kegagalan.
Penulis juga menghadirkan leader insight yang menambah kualitas buku ini. Kita tunggu pencapaian (achievement) dan karya-karya Martoyo selanjutnya.

Indra Budiman
HR Director – PT. Petrojaya Boral Plasterboard
Sahabat dan teman seperjuangan