Martoyo Harjono
Finance TRAINING & WORKSHOP

Training Finance For Non Finance Managers

Hari sabtu tanggal 30 Maret 2019 lalu, SkillUpAcademy.com mengadakan 1 day training “Finance For Non Finance Managers (FFNFM)” di Hotel Mercure Simatupang Jakarta Selatan. Saya pun diminta oleh rekan-rekan SkillUpAcademy.com untuk menjadi trainer di training ini. Dengan pengalaman professional saya di bidang Finance dan non-Finance selama ini, diharapkan bias memberikan insight kepada para professional yang ingin belajar Finance secara practical namun secara kilat. Dalam waktu yang sesingkat-singkatnya, seperti kata Soekarno-Hatta dulu…haha. Pengalaman profesional saya lebih dari 12 tahun di Finance yang meliputi area acounting, tax, treasury, controller, external dan internal auditor, plus berpengalaman di bidang Non-Finance yaitu pernah menjadi HR dan Supply Chain Head.

Hari saabtu itu enaknya santai di rumah, mager atau jalan-jalan ke mall. Lha ini malah pada serius belajar Finance. Topik bahasan yang terlihat serius dan siap mikir. Memang ini benar-benar orang-orang “langka”  yang mau meluangkan waktu di sabtu pagi untuk belajar. Di saat yang lain masih terlelap tidur…hehe.

Tugas saya sebagai fasilitator adalah membuat kelas ini jadi SERSAN belajar tema SERius (Finance), tapi SANtai. Kombinasi game, ice breaking dan tugas kelompok pun di sajikan. Tantangan tersendiri utk membuat peserta yg mayoritas background nya non-finance belajar Finance seharian full day.

Terima kasih kepada para profesional dan pembelajar yang turut berpartisipasi di dalam training ini. Dari BPH Migas, Elnusa, GlAS, TJK Power Batam, MGM Bosco Logistics, Daya Makara UI, Yayasan Pendidikan Mentari Ar Ridho Islamic School & Krakatau Logistik. Selain dari Jakarta, peserta ada yang berasal dari Cilegon, Bekasi bahkan ada yang dari Batam yang rela menginap di Jakarta untuk belajar Finance. Terharu, training Perdana diikuti peserta dari luar pulau.

Latar belakang pendidikan peserta pun beragam, ada yang berasal dari engineering, marketing, sastra, ilmu komunikasi dan manajemen. Para peserta saat ini ada yang bekerja sebagai pendidik, sales manager, procurement manager, operation manager, director dan CEO. Beragam! Inilah tantangan utama saya sebagai fasilitator. Saya harus menyamakan frequensi antar peserta dan harus menggunakan Bahasa yang semudah mungkin dan seringan mungkin untuk memudahkan proses pembelajaran.

 

Materi pembelajaran di training ini meliputi:

  1. Introduction to finance function
  2. Understanding financial statements (laporan keuangan)
  3. Analysis of financial statements
  4. Capital budgeting
  5. Cost of capital analysis
  6. Cost volume analysis

Training ini bertujuan untuk mempersiapkan peserta agar bisa:

  1. Memahami dasar-dasar keuangan
  2. Mampu memahami dan menganalisis laporan keuangan perusahaan
  3. Menyusun anggaran dan modal perusahaan
  4. Memahami biaya modal dan risiko return investasi

Training serupa biasanya di selenggarakan minimal dalam waktu dua hari, namun dalam training ini saya mencoba memadatkan dalam satu hari saja. Karena di tengah kesibukan para professional saat ini, cukup susah meninggalkan pekerjaan dikantor lebih dari dua hari.

Tentunya yang dibagikan adalah ‘daging-daging’ dan ‘inti-inti terpenting’ dari konsep finance dan accounting yang sering di gunakan dalam pekerjaan sehari-hari di perusahaan. Tips-tips praktis dalam membaca dan menganalisa laporan keuangan inilah yang ternyata di sukai para peserta. Training 1 hari ini tidak untuk membuat peserta menjadi akuntan, saya dulu perlu belajar 4 tahun untuk menjadi seorang akuntan. Biarkan lah akuntan yang bekerja untuk Anda. Jangan mengambil pekerjaan akuntan.

Posisi apapun di perusahaan, kita adalah sebagai ‘business person’, saat di Finance saya adalah ‘business person in Finance’. Saat di HR, saya adalah ‘business person in HR’. Saat di Supply Chain pun, saya adalah ‘business person in Supply Chain’. Apa makna business person itu? yaitu focus pada company goals, yaitu mencapai target dari shareholders yang biasanya diwujudkan dalam kinerja laporan keuangan. Berupa keuntungan perusahaan. Untuk itu, semakin tinggi posisi Anda di perusahaan maka Finance Literacy adalah sebuah kebutuhan.

Dan yang paling seru di pelatihan ini adalah di sesi tanya jawab, banyak peserta yang bertanya kasus nyata di perusahaan yang sedang di hadapi. Alhamdulillah peserta terpuaskan dengan jawaban-jawaban yang saya diberikan di sesi ini. Saya bisa menyelami cara berpikir para peserta mengingat background saya yang cukup lengkap dengan tour of duty yang berbeda-beda sebagai external auditor, Finance, Human Resources dan Supply Chain.

Motivasi terbesar saya dalam training ini adalah untuk LEARNING BY SHARING, sambil sharing saya juga bisa belajar dari sharing para peserta yang mempunyai latar belakang yang beragam. Dan kebahagiaan terbesar saya sebagai trainer adalah peserta merasakan sharing yang saya berikan. Peserta pun pulang dengan HAPPY. Hal yang tak ternilai adalah melihat peserta HAPPY dan paham atas yang saya sampaikan.

Evaluasi peserta

Untuk mengetahui feedback dan testimoni peserta, maka di akhir session Panitia membagikan survey untuk mengukur minimal 3 komponen terkait dengan: Materi, Fasilitator dan Evaluasi Kepanitian. Berikut hasil kompilasi hasil survey dengan skor 1-5 dengan angka 1 terendah dan 5 tertinggi:

  1. Materi : score 4.64

Yang meliputi kesesuaian materi dengan tujuan pelatihan dan kebutuhan peserta, plus kualitas materi mendapatkan nilai excellet dengan score 4.64 (dari nilai maksimum 5)

  1. Fasilitator : score 4.6

Yang meliputi penguasaan materi, cara penyampaian, sistematika alur materi, tingkat partisipatif, kedekatan dengan peserta dan penampilan. Dengan total score 4.6. Bahkan penguasaan materi mendapatkan nilai nyaris sempurna 4.92.

  1. Evaluasi Kepanitiaan: excellent

Yang meliputi tempat fasilitas, konsumsi, acara dan hubungan dengan peserta. Panitia memberikan penilaian excellent dan puas.

Tak terasa jam sudah menunjukkan jam 17.20 dan acara training perdana Finance For Non-Finance Managers berjalan lancar dan sukses melebihi ekpektasi saya sebagai trainer.

Tiba-tiba telpon saya berdering, ternyata Istri dan anak-anak pun menyusul ke hotel Mercure untuk menjemput saya. Alhamdulillah capek yang membahagiakan hari ini. Semoga bermanfaat kawan.!

————————————

Dikarenakan adanya permintaan dari kawan-kawan, maka training Finance For Non-Finance Managers BATCH 2 akan diadakan 2 hari di hari Jumat-Sabtu, 5-6 Juli 2019 di hotel Mercure Simatupang.

Tertarik?? Dapatkan harga early bird segera di >>

https://skillupacademy.com/course/finance-for-non-finance-managers/

Salam pembelajar. Martoyo

#FinanceForNonFinance #SkillUpAcademy

Related posts

Training Finance for Non Finance Manager

Martoyo Harjono

Value Stream Mapping (VSM) for P2P (Procure to Pay) Process

Martoyo Harjono

How Managing Your Talent

Martoyo Harjono

1 comment

Martoyo Harjono April 15, 2019 at 1:52 pm

Thanks for all great participants.

Reply

Leave a Comment