Martoyo Harjono
Human Resources

Mutiara Dalam Comberan

Coba pembaca bayangkan mutiara yang cantik seperti di atas, tiba-tiba tak sengaja mutiara itu terjatuh di dalam air got/ comberam yang kotor, bau dan berwarna hitam.

Pertanyaan saya adalah apakah mutiara yang terjatuh di comberan itu akan luntur, rusak dan berubah warna mengikuti warna kotornya air selokkan itu?

Jawabannya bisa dipastikan bahwa mutiara itu tidak akan tetap bersinar, tidak luntur dan rusak, bahkan harganya pun tetap ‘mulia’ dan tinggi.

Jika mutiara itu adalah ibarat Anda dan air selokkan itu adalah lingkungan dan orang-orang di sekitar kita. Walaupun kenyataanya adalah tidak selalu kita berada didalam kondisi air got yang hitam dan bau. Bersyukurlah jika Anda mempunyai lingkungan kerja dan orang-orang sekitar kita yang baik dan saling support.

Tapi jika Anda dalam suasana dan lingkungan kerja yang tidak mendukung, penuh intrik, sikut kanan sikut kiri, injak bawahan dan jilat atasan. Bahkan jika Anda mempunyai atasan yang tidak men-support career development Anda, bahkan berusaha membuat Anda tidak nyaman. Maka belajarlah dari kisah “Mutiara Dalam Comberan” itu. Walau tercebur di dalam air got yang kotor, bau dan berwarna hitam, maka mutiara itu tetaplah mutiara dengan sifat-sifatnya yang mulia, tetap bercahaya, bersinar, tidak berubah warna dan tidak mengurangi kualitas mutiara tersbut.

So…didalam kondisi apapun, tetaplah menjadi mutiara-mutiara di tempat kita berada. Yang senantiasa tetap bersinar dan menyinari lingkungan sekitar kita. Bisa tetap belajar, tumbuh dan berharga mulia. Mauuu..?

You are responsible with yourself, Not others.

#Mutiara #Growth #PositiveThinking

MTY, Jakarta

Related posts

8 to be GREAT

Martoyo Harjono

Yuk pinter bareng…

Martoyo Harjono

Menghapus Rasa Takut

Martoyo Harjono

Leave a Comment