ole777 login

ole777 login

ole777 login

ole777 login

Martoyo Harjono
Operational Excellence Sales Operation Planning (S&OP) Supply Chain

Integrated planning to gain the profitable growth

‘If you fail to plan, you plan to fail’

Quote di atas sangat popuper jika orang membahas terkait dengan pentingnya perencanaan (planning). Kira-kira betul ngak sih ungkapan itu? Dan betulkah planning bermanfaat untuk meningkatkan daya saing suatu perusahaan ditengah kompetisi yang kian sengit?

Untuk membahas penting nya planning, maka marilah kita amati beberapa perusahaan terbaik dan sudah terbukti sustain dalam growth dan profitable. Untuk membahas pentingnya planning ini saya akan mengambil 3 contoh perusahaan besar yang sukses menjalankan proses planning dengan baik, yaitu:

1.      Unilever Indonesia

Unilever Indonesia (UI) ini masuk menjadi salah satu perusahaan terbaik dunia yang menjalankan proses operation dan planning dengan sangat baik lebih dari 20 tahun lalu. 

Hasil perbinjangan saya dengan Bapak Robertus Hendra, ex GM demand planning dan supply planning UI hari ini di kelas CSLP di kampus UGM, beliau mengatakan bahwa UI sudah menjalankan proses integrated planning dalam format sales & operation planning (S&OP) dengan proses yang sudah mature. Proses ini sudah dijalankan oleh seluruh divisi yang terlibat.

Awalnya S&OP ini bersifat top-down approach, namun sekararng sudah menjadi komitmen bersama seluruh manajemen baik di local maupun di level regional dan group office.

Dengan banyaknya kategori yang dikelola, UI telah berhasil menjalankan proses integrated planning ini dengan sangat baik dan ini sangat penting untuk pengambilan keputusan yang strategic. UI masuk menjadi satu-satunya perusahaan di Indonesia yang berhasil masuk menjadi perusahaan dengan operasional terbaik dunia. UI pun menjadi perusahaan FMCG terbesar di Indonesia.

Salah satu yang berkontribusi atas suksesnya UI adalah komitmennya dalam menjalankan integrated planning di seluruh tingkat manajemen. Bahkan S&OP ini menjadi KPI dari CEO UI, jika gagal menjalankan S&OP maka CEO siap-siap menerima konsekuensi. 

2.      Astra

Sebagai perusahaan automotif terbesar di Indonesia, Astra sangat ungul dalam hal perencanaan untuk bisnisnya dan proses produksi. Contoh sederhana perencanaan yang baik Astra ini melalui system inden mobil. Sering terjadi, jika ada produk baru maka kita bisa order hanya dengan inden dulu bahkan terkadang inden bias 3-6 Bulan. Mengapa perlu inden? Ini sebenarnya untuk mendapatkan kepastian planning demand untuk mengoptimalkan utilisasi pabrik. Dan akhirnya perusahaan akan mendapatkan production cost yang paling optimal dengan planning yang baik ini. Dan Astra pun menjadi perusahaan unggul dengan operasional excellence yang baik yang dimulai sejak proses planning.

3.      Garuda Indonesia

Pernah dengar tiket Jakarta ke Tokyo hanya 4 juta pp padahal kalo normal bisa sampai 10 juta? Atau Jakarta ke London?

Promo ini bisa dilakukan karena perusahaan sudah melakukan proses demand planning yang sangat baik. Berbagai destinasi promo travel fair itu pun adalah mengaju dari data realisasi yang tersedia. Sebenarnya travel fair ini adalah untuk menunjang strategy planning nya garuda agar utilisasi penerbangan manjadi optimal dan tetap menguntugkan perusahaan secara keseluruhan walaupun ada promo travel fair. Kok bisa ya? Karena sebenarnya Garuda sudah mempunyai estimasi trend ke depannya terkait dengan occupation rate dari pesawat di masing-masing destinasi. Dan biasanya yang di jual dalam promo travel fair itu adalah yang utilisasi occupation rate nya masih belum full, sehingga dengan promo ini berguna untuk mengisi kursi peumpang yang kosong.

Dan masih banyak lagi perusahaan terbaik baik perusahaan domestic maupoun internasiional yang mepunyai daya saing yang sangat baik dan akhirnya banyak keputusan strategis yang bisa di ambil dengan adanya perenceanaan yang baik melalui proses S&OP yang terintegrasi.

Ternyata planning tidak sekedar untuk menjalankan perusahaan semata, tapi penting untuk memenangkan kompetisi. Jika perusahaan Anda ingin memenangkan kompetisi dan menjadi sustain profitable company, maka saatnya mulailah menjalankan integrated planning melalui S&OP. Dalam S&OP tidak hanya bicara planning semata, tapi juga memastikan sampai dengan monitor eksekusi dan mencari strategi untuk mencapai target yang sudah disepakati.

#planning #S&OP #growth #profitableCompany #travelfair

 

Martoyo, Depok, 8 April 2017

Related posts

Lean project (VSM) for closing & reporting process, 28 April 2014

Martoyo Harjono

A Better Planning is The Key

Martoyo Harjono

Menulis itu Gampang ?

Martoyo Harjono

Leave a Comment