Martoyo Harjono
Business Strategy Marketing & Sales

Customer Focus..!

Dalam sebuah diskusi Jack Ma, orang terkaya di China saat ini dan pendiri Alibaba, selalu mengatakan bahwa Alibaba besar seperti saat ini, bukan karena dukungan dari pemerintah atau lainnya. Tapi Jack Ma mengatakan bahwa Alibaba menjelma raksasa seperti sekarang ini karena dukungan CUSTOMERSnya. Pertanyaan selanjutnya, mengapa para customer Alibaba begitu mencintai dan loyal menggunakan Alibaba platform? padahal di waktu yang sama juga banyak pesaing e-commerce yang bermunculan. Mengapa Alibaba sangat dominan? Loyalitas customers ini hanya respon yang di berikan kembali atas upaya Alibaba memberikan benefits & values kepada customersnya. Jack Ma selalu membantu customers nya untuk tumbuh dan besar dengan menggunakan platform e-commerce Alibaba. Alibaba sangat focus dan tulus membantu para users nya. Bahkan di 2 tahun pertama pendirian Alibaba, belum 1$ pun menghasilkan. Saat itu para users nya belum mampu untuk membayarnya, walau pun mereka sudah merasakan kemudahan dan ke-enakkan platform Alibaba. Akhirnya usaha mereka tumbuh dan berkembang dengan omset berlipat-lipat. Maka pendapaan Alibaba pun semakin tumbuh seiring dengan meningkatkan omset dan transaksi dari para Customers nya.

Akhirnya Alibaba menjadi flatform e-commerce terbesar di jagat raya ini karena filosofi Jack Ma yang sangat focus untuk membantu dan memberikan values kepada para Customers nya. Jack Ma selalu menempatkan pandangannya dengan kacamata pelangan dan memudahkan pelangan.

Dulu saya kira Jack Ma itu ahli komputer dan internet, ternyata Jack Ma ini hanyalah seorang guru. Focus nya hanya satu, Focus to Customers. “I am not a tech man, I am looking at the technology with the eyes of my customers, as common people.” kata Jack Ma dalam suatu kesempatan. Ketika loyalitas customers sudah di dapatkan, maka pundi-pundi kekayaan Jack Ma pun datang dengan sendirinya.

So, the priority of top management is to serve customer first, before you serve shareholders & employees.

Serve >> Customers benefit >>Customers Loyalty >> More Sales & Profit

#Alibaba #JackMa #CustomersFocus

#SalamCustomerFocus

Related posts

under pressure = stress = not happy >> it will not be productive

Martoyo Harjono

Why Not, Sir..?

Martoyo Harjono

Learn from everybody…eventhough from our kids

Martoyo Harjono

Leave a Comment