Martoyo Harjono
CEO TALKS Free Writing

CEO Talks – CEO DNA (part 2)

Gambar terkait

Setiap manusia itu mempunyai DNA yang berbeda-beda. Pernahkah Anda mendengar test DNA? test yang biasa digunakan untuk mengidentifikasikan keturunan seseorang. Test DNA adalah test yang paling terpercaya dan canggih saat ini yang untuk mengidentifikasikan seorang anak Adam. DNA singkatan dari deoxyribonucleic acid, merupakan materi yang membentuk kromosom-kromosom dan merupakan informasi genetic yang tersimpan dalam tubuh makhluk hidup termasuk manusia. Informasi genetic ini merupakan kumpulan perintah yang mengatur sel untuk bisa melakukan hal-hal tertentu. Jadi setiap makhluk hidup itu mempunyai DNA yang berbeda dan unik.

Apa hubungan CEO dengan DNA? Ternyata dari observasi dan diskusi dengan para CEO-CEO terkenal saya mempunyai kesimpulan bahwa ternyata para CEO itu mempunyai mindset, attitude (sikap) dan karakter yang sama atau hampir sama. Atau untuk mudahnya saya bilang para CEO tersebut mempunyai kesamaan DNA, yaitu CEO DNA. CEO DNA yang saya maksud disini adalah kumpulan mindset, attitude dan karakter yang mendorong mereka tumbuh menjadi CEO.

Ada 10 CEO NDA terpenting yang mereka punyai:

  1. Mindset success : begin with the end of mind
  2. Plan the career/ life
  3. Willingness to learn
  4. Love the new challenge
  5. Integrity
  6. Good marketer
  7. Problem Solver
  8. Persistence/ istiqomah
  9. Excellence in managing people
  10. Networking

Saya akan mencoba menguraikan lebih detail terkait dengan ke sepuluh CEO DNA berdasarkan pengamatan dan diskusi saya dengan para CEO Top tersebut.

  1. Mindset success : begin with the end of mind

Beberapa hari yang lalu saya sempet diskusi banyak dengan Pak Arif Wibowo, Ketum Iluni MMUI dan sekaligus CEO Airfast Indonesia (ex-CEO Garuda Indonesia) terkait dengan mindset seorang CEO. Sharing dari pengalaman Pak Arif jauh sebelum menjadi seorang CEO, ternyata beliau ini sejak memulai meniti karir sudah mempunyai kebiasaan membaca buku-buku terkait dengan biografi para CEO terkenal dan bagaimana attitude dan behaviour CEO sehingga mampu mencapai dan sukses menjadi seorang CEO. Plus, beliau ternyata suka menghadiri event-event yang menghadirkan para CEO baik dalam bentuk sebuah training, seminar, sharing session maupun networking event lainnya. Banyak buku-buku terkait dengan leadership yang dilahapnya sejak meniti karir. Intinya, Pak Arif ini sudah membekali diri dengan terus belajar bagaimana menjadi seorang CEO yang sukses, baik dalam bentuk knowledge, skill dan attitude-nya. Walau saat itu belum menjadi seorang CEO, beliau mempunyai mindset seorang CEO, dengan ditarik ke jamannya saat itu maka akan mengetahui hal-hal apa saja yang harus dimiliki oleh seorang CEO. Dengan jalan mempersiapkan, bersikap dan bertindak seperti CEO. Seperti kata Steven Covey dalam bukunya 7 Habbit Highly Effective People yaitu “begin with the end of mind”. Dengan DNA maka para CEO itu seperti sudah mempunyai peta jalan yang sudah jelas dan terang sehingga mereka pun dengan keyakinan dan semangat tinggi mempersiapkan proses menuju cita-citanya menjadi seorang CEO yang sukses.

…bersambung..!

Depok, 22 September 2018, 11:55pm

#SalamPembelajar

Martoyo

Related posts

Merapi Tak Pernah Inkar Janji…

Martoyo Harjono

#Continuous Learning

Martoyo Harjono

Radical Candor: Be A Kick-Ass Boss…

Martoyo Harjono

Leave a Comment