Martoyo Harjono
Human Resources Leadership

How to be an Effective Leader

Menjadi seorang effective leader itu ternyata tidaklah mudah, mengapa? Karena seorang leader mempunyai beberapa customer yang perlu di serve, siapa itu? Customer seorang leader, misal sebut saja level head of department, mempunyai customer yang terdiri dari:

a. Direct team/ staff

Leader di harapkan mampu memimpin seluruh di tim di departemen yang di pimpinnya. Dengan karakteristik tim yang beragam, dengan kemampuan yang berbeda-beda dan tentunya dengan level kinerja yang beragam. Jika seluruh tim yang ada adalah berkinerja bagus, maka akan mudah memimpinnya, namun jika sebaliknya maka seorang leader harus kerja keras untuk menyamakan spirit dan speed di dalam tim. Effective leader harus mampu menjadi dirigen bagi timnya untuk melangkan dan maju bersama, pun terkadang harus menjadi seorang teman, motivator dan coach. Tentunya tetap fokus pada pencapaian goal dan visi-misi yang telah di tetapkan bersama.

b. Colleague & cross department

Kuncinya adalah open communicaiton & collaboration dengan semua pihak yang berkepentingan untuk mendukung operasional perusahaan yang lebih effective & efficient. Siap untuk menerima feedback dari tim lainnya dan sebaliknya juga siap untuk memberikan positive feedback bagi tim lainnya. Semua itu berdasarkan data (speak by data) & it don’t take anything personally.

c. Direct boss

Direct boss atau end-user kita adalah customer yang terpenting diantara customer-customer penting lainnya. Tentunya kita seorang leader harus mengerti dan memahami ekpektasi dari direct bossnya. Karena tugas utama seorang leader adalah untuk membantu tugas direct boss nya dalam mencapai goal yang ditetapkan. Kesuksesan kinerja kita akan mempengaruhi kesuksesan kinerja direct boss kita, pun sebaliknya kegagalan kita akan berdampak langsung pada tidak baiknya kinerja boss kita.

d. Indirect boss (regional & central office)

Tidak cukup dengan ketiga customer di atas, untuk menjadi seorang efektif leader perlu juga menserve boss nya direct boss kita. Atau kalau dalam organisasi perusahaan MNC yang mempunyai kantor regional dan kantor pusat di luar negeri, pastinya seorang leader perlu berkomunikasi secara efektif dengan regional dan central office juga. Kinerja yang bagus di level operasional dan tehnikal perlu didukung dengan komunikasi dan kolaborasi yang efektif terhadap indirect boss. Jika kita cuek dan gagal dalam berkomunikasi dan berkolaborasi dengan indirect boss ini, maka hal ini juga bisa berdampak tidak baik dan bahkan berbahaya terhadap karir kita.

Effective leader harus mampu melayani keempat customer di atas dalam hal komunikasi dan kolaborasi secara professional, balance & efficient.

Jadi kinerja yang baik saja tidak cukup, perlu di tambah dengan good communication & collaboration dengan semua customer kita.

Salam Sukses Cemerlang

Depok, 30 Agustus 2015, 00:11

Related posts

HASIL Tidak Pernah Mengkhianati PROCESS…

Martoyo Harjono

Top 10 Skills in 2020

Martoyo Harjono

Buku SALES & OPERATION PLANNING in STORIES tersedia di Gramedia

Martoyo Harjono

Leave a Comment